Monday, September 10, 2018

Review No 148 : Bokura wa Minna Kawai Sou (Kisah anak kosan Kawai)


Dikarenakan orangtuanya yang pindah kerja,Kazunari Usa yang baru masuk SMA terpaksa harus ngekos.Walaupun judulnya “terpaksa” tapi sebenernya dia justru harap-harap cemas menantikan kehidupan bebasnya di Kos-kosan.Gimana kisah si Usa di tempat kosnya?simak bareng-bareng yuk reviewnya.

1.Sekilas Tentang Anime Ini

Bokura wa Minna Kawai Sou adalah sebuah anime garapan Studio Brain Base.Studio ini sebenernya cukup banyak ngehasilin anime yang keren macam Natsume Yuujinchou,Durarara,Gakuen Babysitter dan  Aoharu x Kikanjuu.Meskipun demikian,studio ini juga kadang ngeproduksi anime yang agak gak jelas macam Akikan,Blood Lad,Endride dkk.Kalo boleh dibilang hasil garapan studio ini 50:50 antara keren dan gak jelas.Kalo gak nemu yang keren berarti lu nemu yang gak jelas wkwkw.


Anime ini sebenernya udah cukup lama diproduksi,yaitu pas Spring 2014 lalu.Namun karena satu dan lain hal,gua baru nontonya kemaren-kemaren ini (sebelumnya pernah nonton cuma gak selesai trus gue tinggal hehe).

Sejujurnya cerita di anime ini cukup simple.Seperti yang gue bilang diawal kalo cerita anime ini berkisah tentang si Protagonis yang bernama Kazunari Usa.Nama panggilannya Usa (Entah kenapa gue jadi keingetan kelinci aka Usagi :P).Ceritanya orangtua si Usa ini pindah kerja ke kota lain dan terpaksa dia harus ngekos.Pas di Kos-kosan,dia kaget karena ternyata temen sekosanya itu adalah seorang pengangguran gak jelas,mesum dan juga Masochist.
 
Kalo ada orang mesum macam Shiro disebelah gue..aaargh gak bisa bayangin..
Terang aja Usa langsung pengen buru-buru ngibrit karena takut jadi mangsa temen kosannya yang namanya Shiro (bukan anjingnya Sinchan lho yah :P).Ketika mau kabur,di depan pintu kos dia ketemu kakak kelasnya yang dia taksir.Disinilah dilemma terjadi,pada akhirnya Usa nyerah  dan milih untuk tinggal di Kosan suram itu.

Ternyata di Kosan itu Shiro bukanlah satu-satunya orang aneh disana.Hampir semua anak Kosan itu isinya orang-orang aneh.Mulai dari Shiro yang mesum,Ritsu yang pendiem,Mayumi yang selalu putus dan Sayaka yang demen banget gonta ganti cowok.Namun apa daya,demi bisa deket dengan Ritsu senpai yang didemenin,akhirnya Usa memilih untuk bertahan.Dari sinilah cerita Kos-kosan Kawai dimulai.

2.First Impression

Lucu,mungkin satu kata ini yang mewakili anime kali ini.Hal yang pertama nyantol di benak gue ketika nonton anime ini adalah kekonyolan Shirosaki alias Shiro.Tokoh mesum satu ini sukses bikin gue penasaran untuk pengen tahu tingkah konyol apa lagi yang bakal dia lakuin.Meskipun demikian,kisah hubungan antara Usa dan Ritsu juga cukup menarik untuk disimak.

3.Reviews

Theme and Story (8)

Cerita anime yang mengangkat kisah kehidupan kos-kosan mungkin bukan barang baru.Meskipun demikian,biasanya kehidupan di kos-kosan ini cuma jadi semacam background yang tidak digarap dengan sungguh sungguh.Kebanyakan cerita cuma mengisahkan kalo tokoh utamanya tinggal di Kosan,apartemen atau asrama,namun jarang yang bener-bener ngangkat cerita tentang interaksi antar anak-anak kosannya itu sendiri.

dari Kiri :Shiro,Mayumi,Ritsu,Sayaka,Usa...
Cerita yang mendekati Bokura wa Minna Kawai Sou sendiri adalah Sakurasou no Pet na Kanojo.Bisa dibilang setting kedua cerita ini mirip-mirip (satu dikosan dan satunya lagi di asrama yang mirip kosan).Meskipun demikian,Bokura wa Minna Kawai Sou sendiri gue rasa lebih “Mature” dibandingkan Sakurasou no Pet na Kanojo yang isinya Cuma anak SMA (dan satu ibu guru tua yang gak laku-laku).

Bokura wa Minna Kawai Sou sendiri terkesan lebih natural dibandingkan Sakurasou no Pet na Kanojou dalam artian,meskipun kedua kosan isinya orang-orang aneh tapi orang aneh di Bokura wa Minna Kawai Sou cenderung lebih realistis dibandingkan yang ada di Sakurasou no Pet na Kanojou.Orang aneh di Sakurasou no Pet na Kanojou mungkin lebih tepat disebut kumpulan para jenius nyentrik dibandingkan kumpulan orang aneh biasa.

Bokura wa Minna Kawai Sou sendiri memang berisi orang aneh,mulai dari orang mesum,tukang rebut gebetan orang,cewek introvert yang kebangetan ,cewek yang selalu diputusin hingga ibu kos yang suka iseng.Meskipun demikian,sifat-sifat aneh ini lazim ditemui dimasyarakat.Seenggaknya gue sendiri punya temen-temen model gini.Dengan kata lain,keanehan dan keunikan sifat-sifat mereka sendiri sebenernya lazim ada dimasyarakat.

Lu suka sama cewek atau mau jadi Stalker...Usa??
Kekuatan cerita ini sendiri sebenernya terletak pada unsur komedi dan romancenya.Kalo boleh jujur mungkin hal yang bikin gue lebih tertarik sama cerita ini adalah unsur komedinya dibandingkan dengan romancenya.Hal ini karena banyolan-banyolan yang ada di anime ini terkesan alami dan gak maksa.Jujur banyak anime bergenre comedy yang banyolanya itu garing dan terkesan maksa.Hal itu gak gue temuin di anime ini.

Untuk kisah romancenya sendiri,gue harus bilang biasa aja.Kisah romancenya bisa dibilang biasa aja meskipun cukup imut Cuma kalo diikutin.Well,gak terlalu jelek bangetlah,cuma kalo dibandingin sama Golden Time,Orange dkk ya jauh sih.Tapi overall ceritanya sendiri cukup realistis dan gue ngerasa deket dengan kenyataan dibandingin dengan kisah romance lainnya yang terkadang dipaksain dramatis biar yang nonton pada nangis :P.

Character Development (7)

Sebagai sebuah cerita yang genrenya romance/Comedy terkadang kita harus memaklumi bahwa karakter development di cerita ini gak terlalu dalem.Secara keseluruhan semua tokoh di anime ini mendapatkan pengembangan karakter dan background story masing-masing (minus bu kos yang terkesan terlupakan).Secara umum character development dari semua tokoh di anime ini  ada namun tidak terlalu dalam.

Animation (7.5)

Untuk standar anime tahun 2014,kualitas animasi dari anime ini boleh dibilang ada diperingkat atas.Bagaimana Brain Base membuat background yang keliatan berwarna warni dan kontras bisa dibilang jempolan.Dibandingkan anime yang keluar di tahun yang sama seperti Fairy Tail,Haikyuu dan Baby Steps boleh dibilang Bokura wa Minna Kawai Sou lebih unggul.
 
Kakak Imuut..Ritsu Kawai..atau Kawaiiii ?
Kalo animasinya bagus kenapa nilainya Cuma 7.5?mungkin ada dari temen-temen yang bertanya-tanya demikian.Sejujurnya permasalahan di anime ini tidak terletak pada animasinya namun justru pada artworknya.Boleh dibilang karakter utama cerita ini biasa banget alias tidak ada ciri khusus yang bisa bedain.Karakter yang artworknya bagus itu ciri-cirinya mudah diingat.

Bayangin ketika gue sebut nama One Piece misalnya,lu pasti bakal keingetan luffy  yang pake baju merah,celana jeans biru dan pake topi jerami dan ada luka jahit di bawah mata kirinya.Hal ini nunjukin kalo tokoh luffy dari cerita One Piece itu punya karakter yang kuat.Hal ini yang gue gak temuin dari karakter di Bokura wa minna kawai sou.

Hal yang fatal adalah karakter yang mudah dilupain itu justru karakter utamanya yaitu si Usa.Artwork untuk karakter Usa sendiri boleh dibilang terlalu datar jika dibandingkan dengan karakter lainnya seperti Shiro atau Mayumi yang menurut gue punya karakter yang lebih kuat dibandingkan dengan tokoh utama kita yaitu si Usa.

Sound (8)

Opening untuk anime ini sendiri judulnya Itsuka no, Ikutsuka no Kimi to no Sekai yang dibawain oleh Fhana.Kalo boleh jujur opening song untuk anime ini terkesan cukup energik tapi gak lebay.Terkadang kan ada tuh opening anime yang kelewat semangat dan pake music kebanyakan (yang akhirnya suara vocal penyanyinya sendiri jadi gak dominan),nah di anime ini sendiri openingnya tetep semangat tapi gak sampai kebangetan.Kalo kalian dengerinya diluar konteks anime mungkin gak bakal bisa bedain antara lagu ini sama lagu J-Pop pada umumnya.

Itu bukan tangisan darah lho yaah..cuma riasan yang luntur wkwkw...
Untuk ending songnya sendiri judulnya My sweet shelter yang dinyanyiin oleh para voice actress dari anime ini sendiri.Kalo boleh jujur gue lebih seneng ending songnya ini karena kesannya lebih imut dibandingin dengan openingnya yang punya kesan mature dan romantis.Ending song untuk anime ini lebih terkesan ceria dan ringan bila dibandingin dengan openingnya.

4.Final Thought dan Rekomendasi (7.7)

Kalo kalian lagi pengen nyari anime bergenre romance/comedy,mungkin bokura wa minna kawai sou adalah pilihan yang tepat.Meskipun kisah romancenya agak klise dan unsur komedinya lucunya gak kebangetan,tapi udah cukup banget buat kalian yang lagi bosen dan pengen nonton anime yang ringan.Overall anime ini rekomended deh.

No comments: