Wednesday, October 26, 2016

Review No 100 : Mob Psycho 100 (Oke,gue sengaja wkwk)

Sebelum membaca review ini mungkin kalian akan bertanya-tanya apakah gue sengaja menahan Mob Psycho 100 sebagai review gue yang ke 100?Well jawabanya bisa iya,bisa tidak.Jujur gue gak kepikiran awalnya sampai angka 100 itu ngingetin gue sama Mob.Gimana reviewnya?Ini dia review Mob Pyscho 100.

1.Background Information dan Sinopsis

Setelah sukses dengan anime fenomenal One Punch Man,sang pengarang fenomenal ONE kembali mengeluarkan senjatanya yang lain.Bekerja sama dengan studio Bones yang terkenal dengan anime Fullmetal Alchemist kini ONE kembali mengeluarkan anime keren lain berjudul Mob Psycho 100.


Mob Psycho 100 merupakan sebuah anime yang digarap oleh Bones dan mulai tayang perdana pada tanggal 11 Juli 2016 hingga 27 September 2016 yang lalu.Sebagai bagian dari anime Summer 2016 Mob sendiri tidak memiliki banyak pesaing.

Kebanyakan pesaing mob seperti Beserk (2016),91 Days,ReLife dll tidak memiliki genre comedy yang sama dengan Mob.Genre Comedy/Supernatural menurut gue langka (well kalo yang jadul banyak macam Nube).Namun untuk anime baru,genre ini jarang keluar lagi.

Mob..dan sang master Reigen..well,masternya itu cupu guys..
Seperti judulnya anime ini bercerita tentang Mob.Well,tapi jangan salah Mob disini itu bukanlah Mobster aka Gangster melainkan nama seorang anak.Nama asli Mob sendiri adalah Kageyama Shigeo.Ia dijuluki Mob oleh sang “guru” Arataka Reigen.

Alasan utama Reigen memberi julukan Mob adalah karena kehadiran Shigeo sendiri tidak menonjol.Meskipun Reigen adalah guru Mob,namun sebenarnya ia cuma memanfaatkan kemampuan psikis Mob untuk keuntungannya sendiri (terutama untuk membantunya mengusir setan).

Njiir..gue ngakak..gayanya Reigen itu sok banget..wkwkwkw
Sebagai seorang individu,Mob sendiri terlihat seperti orang yang tidak memiliki perasaan.Ia jarang terlihat gembira,sedih,apalagi marah.Hal ini sebenarnya sengaja dilakukan oleh Mob untuk menahan kekuatan psikis yang ia miliki.

Kekuatan Psikis Mob sendiri sangat terkait dengan perasaanya.Semakin ia merasakan sesuatu seperti marah,sedih,gembira dll maka emosi itu akan menumpuk dari 1 hingga 100.Jika emosinya mencapai level 100 maka kekuatan maksimalnya akan keluar dan penampilanya berubah (mirip super saiyan wkwkw).

Super Mob Mode..wkwkwk
Oke,gue becanda..gak kayak super saiyan juga kali yah..mungkin lebih mirip manusia normal yang memiliki perasaan.Penasaran bagaimana kisah pertarungan Mob melawan esper dan para hantu?Tonton/streaming animenya disini.

2.First Impression

Sejujurnya ketika pertama kali gue lihat judul anime ini gue sempat salah paham.Bagaimana enggak,ketika ada tulisan Mob Psycho 100 hal yang pertama gue bayangin adalah para Mobster sakit jiwa yang jumlah ada 100.Gue serius,judul anime ini bener-bener misleading.

3.Reviews

Pertama kali menonton anime ini gue langsung tau bahwa pengarang anime ini adalah ONE.Kenapa begitu?kalian lihat mata Mob yang bentuknya setengah lingkaran itu?yah,mata itu ngingetin gue sama mukanya Saitama pas mode bodohnya keluar.

Gak nguatin sumpah ekspresi mukanya itu..wkwkw

Hal tersebut ditambah dengan rambut gak jelasnya itu semakin ngingetin gue sama Saitama sebelum jadi Hero dan nolongin bocah aneh yang jailin manusia kepiting (liat One Punch Man episode 1).

Cerita anime ini cukup lucu dan keren disaat yang bersamaan.Tidak bisa disangkal bahwa memang anime ini adalah anime comedy/gag sehingga unsur humor merupakan bumbu utama cerita ini.

Wwkwk gue geli tiap kali liat Mob nyamar pake baju cewek gitu wkwk
Selain humor yang cukup lucu,hal yang mungkin kalian lihat pertama kali dan cukup membekas adalah visual effect yang ditampilkan oleh anime ini.Jujur boleh dibilang effect yang diberikan anime ini lebay,tapi disisi lain tetep keren untuk dilihat.

Karena anime ini adalah anime gag,pertarungan di anime ini juga lebay tapi juga seru.Inget pertarungan dan visual effect yang ditampilkan di anime sekelas Tengen Toppa Gurren Lagann?Nah,..lebay dan kerenya sekelas itu.

Storyline anime ini sendiri cukup straightforward aka lurus-lurus aje kagak pake ribet.Jadi kalian gak perlu pusing mikirin bakal kemana ceritanya.Storyline macam ini menurut gue akan sangat cocok untuk anak kecil yang lebih senang melihat action suatu anime.
Warning..!!! Jangan PERNAH membuat Mob MARAH atau kalian akan menyesal

Meskipun demografinya untuk shonen,tapi bukan berarti kita yang udah tua-tua kagak boleh nonton lho.Anime ini mungkin lebih cocok disebut anime segala umur.Unsur humor dan battlenya menurut gue cocok ditonton semua orang.

Berbicara masalah desain karakter,well kita harus memaklumi bahwa ONE sendiri bukanlah seorang mangaka professional macam Eiichiro Oda.ONE terkenal karena web komik One Punch Man yang sebenarnya merupakan plesetan dari Anpanman.Jadi,kita maklumin aja kualitas grafisnya.

Opening song anime ini jujur lebih gue suka dibandingkan ending.Berbeda dengan opening anime lain,Opening anime ini seolah sengaja dibuat untuk Mob.Hal ini terbukti dengan kata-kata seperti “Mob,what are you thinking dst.Meskipun demikian OST anime ini cukup enak didengerin lho guys.

4.Final Thought dan Rekomendasi


Anime ini lucu,keren dan juga memiliki banyak visual efek yang meski agak lebay tetep keren.Desain grafis anime ini memang gag jadi maklumin aja.Kalo kalian ngaku penggemar One Punch Man,tentu gak bakal lewatin Mob Psycho 100.Overall skor gue untuk anime ini adalah 8.6 dari 10..Excellent Job Mob…

No comments: