Tuesday, November 1, 2016

Review No 106 : Break Blade (Gundam Antitesis)

Bosen dengan gundam yang itu-itu aja?yuuk berkenalan dengan Break Blade,sebuah anime Mecha yang mungkin bisa jadi alternative kamu ketika bosen nonton gundam.Bagaimana ceritanya?yuuk kita simak reviewnya disini.

1.Background Information dan Sinopsis

Break Blade merupakan sebuah anime karya studio anime Production I.G bekerja sama dengan Xebec.Anime ini sebenarnya merupakan “daur ulang”  dari versi ovanya yang telah terlebih dahulu keluar.Sebagai catatan,OVAnya sendiri ada 6 episode (durasi 51 menit) sedangkan seriesnya memiliki 12 episode (24 menit..cerdas :P).

Kalo melihat struktur episodenya sendiri dapat kita simpulkan bahwa tv seriesnya sendiri merupakan versi movie yang dijadikan series.Well,keunggulannya sebenarnya versi serial tvnya ini memiliki detail cerita yang lebih banyak dibandingkan dengan versi movienya.

Versi serial tvnya sendiri pertama kali ditayangkan pada tanggal 6 April 2014 hingga 22 Juni 2014.Versi serialnya ini setidaknya memiliki jarak 4 tahun dibandingkan dengan versi ovanya yang keluar sekitar tahun 2010.

Sebagai bagian dari anime spring 2014 sendiri sebenarnya persaingan dengan anime lain boleh dibilang tidak terlalu ketat.Tidak terlihat nama-nama besar yang menghiasi season ini.Memang ada beberapa anime yang cukup diperhitungkan antara lain Haikyuu,Hitsugi no Chaika,Fairy Tail dsb.

Peperangan yang akhirnya harus memaksa keempat sahabat ini bermusuhan
Sebenarnya dari segi kualitas cerita dan animasi Break Blade bisa bersaing dengan mereka sayangnya Break Blade membawa ide usang yang pernah ditayangkan pada movienya di tahun 2010-2011 lalu.Hal ini membuat para penonton setia anime ini jadi gak terlalu greget untuk nonton lagi.

Break Blade sendiri berkisah tentang seorang Pemuda bernama Rygart Arrow.Ia adalah seorang Unsocerer alias mereka yang tidak memiliki kemampuan magis.Sayangnya hal ini berarti ia hanyalah manusia tidak berguna dimana 99.9 persen penduduk disini memiliki kemampuan magis untuk mengendalikan Quarzt.

Teknologi di benua Cruzon sendiri didasarkan pada kemampuan ini.Semakin kuat kemampuan seseorang dalam hal ini maka semakin terjamin masa depannya.Sayangnya Rygrat Arrow adalah pengecualian dari semua itu.

Ancient Golem tunggangan Rygart..lihat pedang di kepala dan punggungnya
Suatu hari,Rygart mendapatkan panggilan dari Raja kerajaan Krisna sekaligus teman lamanya Raja Hodr.Ia mendapatkan panggilan karena beberapa hal.Hal pertama,sebagai teman lama Hodr ia diminta pertimbanganya terhadap situasi politik yang dialami kerajaan Krisna.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kondisi kerajaan sendiri sedang dalam keadaan bahaya.Kerajaan yang sebenarnya netral ini dipaksa harus berpihak pada salah satu block mereka yang berperang.Salah satu dari mereka yang berperang adalah Athens.

Persemakmuran Athens sendiri adalah Negara dimana salah satu kawan mereka Zess tinggal.Zess sendiri adalah teman mereka dulu di akademi sekaligus murid paling jenius dibandingkan Rygart dan Hodr.Namun secara mengejutkan Zess jugalah yang pada akhirnya menyerang Kerajaan Krisna.

Nampaknya pertarungan antara kedua sahabat ini tidak bisa dihindarkan...
Berbekal golem kuno yang ditemukan oleh Sigyn (temen mereka juga sekaligus istri dari Hodr),Rygart yang normalnya tidak bisa mengendarai golem kini bisa mengendarai golem kuno ini.Nampaknya Golem ini dibuat untuk unsocerer macam dirinya.Lalu sanggupkah Rygart menghentikan Zess?Saksikan disini.

2.First Impression

Sejujurnya gue sendiri kaget melihat kualitas anime ini.Anime ini dilihat dari sisi kualitas grafis dan ceritanya menurut gue cukup underated untuk ukuran anime sebagus ini.Sejujurnya dulu ketika masih awal kuliah gue sering ngeledekin break blade sebagai gundam versi rapuh (kalian bakal tahu kenapa setelah nonton anime ini wkwk).Tapi overall gue suka ceritanya.

3.Reviews

Oke,kita mulai dari konsep ceritanya.Cerita di anime ini mengambil setting benua Cruzon.Disini tidak ada minyak bumi (disebutkan juga minyak bumi disini telah habis).Sebagai konsekuensinya mereka bergantung pada Quarzt.

Setting benua yang kering ini ngingetin gue sama afrika kalo gak timur tengah (daerah gurun taklamakan).Konsep ini menurut gue cukup realistis mengingat konflik terjadi sebagai akibat dari minimnya sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing kerajaan.
Dibalik peperangan ada romancenya juga lho..Putri Sigynnya cakeep banget yaak
Konsep peperangan sebagai akibat kurangnya sumber daya menurut gue adalah konsep yang lebih realistis dibandingkan konsep yang ditawarkan anime mecha lainnya termasuk Gundam,Gurren Lagann atau Aldnoah Zero sekalipun.

Disisi lain,penggambaran mecha dan pertarungannya disini jauh lebih realistis dibandingkan gundam.Tidak ada efek-efek laser gak jelas yang tiba-tiba muncul dan ngancurin satu koloni atau mode pertarungan dewa yang seolah-olah kayak cheat game.Pertarungan di anime ini mungkin lebih mirip pertarungan para Zaku yang gak terlalu mencolok.

Pengembangan karakter di anime ini juga lumayan keren.Kita mengetahui tentang masa lalu Rygart yang bisa dibilang sial.Meskipun dia sial namun tidak sekalipun ia mengeluh dan lebih memilih untuk berjuang menatap masa depan.Begitu juga dengan orangtuanya yang lebih memilih untuk membesarkan mereka.

Tenang tuan putri..aku akan menjagamu, jadi jangan menangis lagi ,cie,cieee
Background story tentang Rygart sendiri cukup realistis meskipun kisah pertemuan dengan King Hodr,Zess dan Sygin sendiri menurut gue agak imajinatif dan terkesan hanya untuk membentuk plot twist.lha gimana enggak,lu bayangin anak petani miskin macam Rygart bisa satu sekolah sama King Hodr dan Elite Captain macam Zess itu gimana ceritanya coba?.

Oke,kalo kita skip bagian pertemuan 4 orang teman ini sisa ceritanya cukup menarik.Kita melihat cerita peperangan yang sebenarnya.Disini plotnya realistis,simple dan mudah dimengerti.Kita akan dihadapkan pada dilemma besar yang dialami Rygart dimana disatu sisi ia sangat membenci peperangan namun disisi lain ia harus melindungi teman baiknya King Hodr dan putri Sygin.
Ekpresi Rygart ketika pertama kali membunuh orang di peperangan..
Desain grafis anime ini menurut gue keren banget.Kalian gak bakal percaya kalo anime ini buatan tahun 2010 (well,serial tvnya 2014 tapi artworknya gak berubah sama sekali).Kalo kita asumsiin artwork ini dari 2010 maka menurut gue ini adalah salah satu artwork terbaik.

Opening dan ending songnya cukup menggambarkan ceritanya.Kita bisa merasakan kesedihan yang dialami Rygart melalui Opening songnya.Meskipun demikian,jujur openingnya sendiri kurang nendang dan animasi pembukanya well,bisa dibikin lebih baik sebenernya.

4.Final Thought dan Rekomendasi


Anime ini memiliki cerita dan  pertarungan yang cukup realistis.Desain grafis dan artwork animenya cukup menarik untuk anime yang sebenarnya bagian dari OVA di tahun 2010.Gue rekomendasiin kalian buat nonton anime ini.Overall skor gue untuk anime ini adalah 8.1 dari 10 Good Job Bro !!

No comments: