Friday, November 24, 2017

Review No 147 : Kiseijuu Sei no Kakuritsu (aka Parasyte)

Sebenernya anime ini udah cukup lama direquest oleh temen temen,namun jujur karena anime ini waktu hype banget gue justru males untuk nonton apalagi ngereviewnya (anti mainstream abis kan :P).

Nah setelah para hipster bosen nonton dan badai trend lewat akhirnya gue mutusin untuk nonton dan ngereview anime ini.Kenapa gue gak ikut trend waktu itu?sebenernya jujur gue takut hasil review gue ini bakal bias.Okelah tanpa basa basi lagi inilah review anime Parasyte.


1.Sekilas Tentang Anime Ini

Parasyte adalah sebuah anime garapan studio Madhouse yang dirilis pada tanggal 9 Oktober 2014 hingga 26 Maret 2015 dengan jumlah episode sebanyak 24 buah.Hal pertama yang gue bayangin ketika mau nonton anime ini adalah studio pembuatnya yaitu Madhouse.

Jujur gue punya ekpektasi yang cukup tinggi jika studio ini yg bikin animasinya.Tapi apakah ekspektasi gue ini sesuai dengan realita animenya?kita liat di bagian review.

Secara singkat anime ini menceritakan tentang invasi alien parasit ke bumi.Salah satu alien parasit ini menyerang seorang anak SMA bernama Shinichi Izumi ketika sedang tidur dengan lelap.

Entah harus bilang lucu,aneh,serem apa jijik...
Namun,sebelum alien ini berhasil menyerang otak dan mengambil alih tubuhnya,Shinichi berhasil menghentikan laju infiltrasi yang dilakukan oleh si alien ini.Pada akhirnya sang alien hanya bisa mengambil alih tangan kanan dari Shinichi.

Namun,bencana ternyata belum berhenti sampai disini.Shinichi yang tangan kananya diambil alih alien ini juga harus menghadapi kenyataan bahwa ia harus tinggal bersama dengan alien yang mencoba untuk mengambil alih tubuhnya itu.

Versi kalo berhasil kena kepala...
Alien parasit yang kemudian diberi nama Migi (secara harfiah bermakna kanan) nampaknya telah menyerah untuk mengambil alih otak Shinichi dan melakukan semacam kompromi agar keduanya bisa hidup bersama.

Permasalah baru lain yang muncul adalah fakta bahwa Shinichi mengetahui rahasia para alien parasit ini membuatnya berada dalam bahaya.Bahaya ini muncul dari sesama alien lainya dan juga tentu saja manusia yang terancam dengan keberadaanya.

2.First Impression

Sejujurnya agak sulit untuk memisahkan anime ini dari bias trend yang menaunginya.Pertama kali nonton animenya jujur gue ngerasa konsepnya sendiri bukanlah sesuatu yang benar benar baru.Hal inilah yang bikin gue penasaran kenapa ada banyak orang yang mengatakan kalo anime ini bagus.Well,setelah 3-4 episode jalan gue baru memahami kekuatan utama dari anime ini.Apa itu?liat deh reviewnya.

3.Reviews

Theme and Story (7)

Sejujurnya gue harus bilang bahwa anime ini memiliki tema yang cukup pasaran yakni invasi alien kemuka bumi.Tema tentang Invasi alien di muka bumi sendiri bukanlah hal yang baru.Kita mengenal film film seperti Alien,Predator,Alien vs Predator,MIB,ET dan lain sebagainya.

Pacar atau TTM?entahlaaah....
Secara konsep cerita tentang bagaimana alien berusaha menguasai bumi adalah cerita lama yang sudah sangat sering digunakan untuk film yang mengusung genre science fiction seperti ini.

Story Development (8.5)

Meskipun memiliki konsep cerita yang cukup mainstream namun bagaimana cerita di anime ini dikembangkanlah yang keren.Alih alih berkutat hanya dengan masalah invasi alien,anime ini juga membawa beberapa ide yang cukup filosofis dan berat.

Ide filosofis tentang manusia dan alien yang bisa dikatakan serupa.Anime ini seolah ingin membandingkan bahwa manusia dan parasit adalah dua entitas yang berbeda namun pada hakikatnya sama.

Si penulis ceritanya seolah ingin berkata bahwa manusia sendiri pada dasarnya adalah parasit bagi bumi yang kita tinggali.Hal ini cukup beralasan mengingat bagaimana manusia mulai banyak membebani bumi dengan begitu banyak kerusakan dan kehancuran yang dibuat oleh umat manusia itu sendiri.

Bahkan kalo dikulik lebih jauh mungkin manusia bisa lebih buruk dibandingkan dengan para parasit itu karena parasite hanya membunuh untuk bertahan hidup sedangkan kadang manusia membunuh hanya untuk kesenangan.

Kisahnya tragis tapi maksa...
Adegan adegan kejam dan brutal juga terlihat jelas pada anime ini.Anime ini tidak segan segan untuk menampilkan adegan kejam dan mengerikan seperti tangan/bagian tubuh yang terpotong,darah atau adegan horor lainnya.

Mengingat anime ini memang bergenre horror,Pyschological maka bersiap siaplah untuk adegan adegan yang bisa bikin otak kalian menggila ?Oya,mengingat anime ini horor dan kejem mending kalian jangan kasih liat sama adek kalian yang masih kecil yaah..

Jadi mirip Gurita yah wkwkw....
Selain tema berhasil membawakan cerita yang berat dan adegan yang kejam,anime ini juga berhasil.membawakan cerita yang menurut gue cukup.emosional.Kita melihat bagaimana anime ini dimulai dengan cerita kehidupan sehari hari yang biasa dan kemudian berkembang menjadi semakin lama semakin rumit.Tentu saja ada yang menyukai tipikal cerita seperti ini dan ada yang tidak.

Character Development (8)

Pengembangan karakter di anime ini sendiri menurut gue berfokus pada 4 karakter utama yakni Shinichi,Migi,Tamiya Ryouko dan Satomi.Selain keempat orang tersebut ada kedua orang tua Shinichi yang menurut gue menjadi kunci mengapa anime ini menjadi begitu menarik.

Namun tetap saja fokus utama dari cerita ini akan berkutat pada 4 karakter utama yang gue sebutin tadi.Meskipun memiliki alur cerita yang menarik namun jujur gue harus bilang bahwa ada beberapa hal yang mengganjal dalam anime ini.

entah kenapa adegan ini bikin gue keingetan Nube..wkwk
Hal yang menurut gue paling mengganjal adalah perubahan sikap yang dialami oleh Shinichi sejak hadirnya migi.Tentu kita paham bahwa kehadiran Migi sendiri telah membuat Shinichi menjadi lebih macho,rasional dan juga keren.

Namun demikian,gue ngerasa perubahan yang dilakukan terlalu cepat dan berlebihan.Hal ini bikin gue ngerasa kalo tokoh utama cerita ini diganti dengan orang lain.

Animation (7)

Mengusung nama besar Studio Madhouse,jujur gue mengharapkan anime dengan kualitas kelas satu.Namun,kalo boleh jujur gue bilang harapan gue jauh dari kenyataan.

Sebagai bagian dari anime Fall 2014,anime parasyte sendiri bersaing dengan anime seperti Terra Formar,Fate,Pyscho Pass 2,Yowamushi Pedal dll.Sejujurnya kalo dibandingkan dengan anime yang gue sebutin tadi,kualitas anime ini menurut gue masih dibawah mereka.

Dari cupu jadi macho...
Sebagai anime yang bergenre Horor/Pyschological jujur gue kurang ngerasain rasa serem yang biasa gue dapetin ketika nonton anime horor/Psychological pada umumnya.Kalo gak percaya kalian coba bandingin dengan anime kayak Mirai Nikki,Death Parade,atau Pyscho Pass.Menurut gue anime yang gue sebutin tadi justru lebih kerasa horornya dibandingkan anime ini

Sound (8)

Anime ini memiliki lagu pembuka yang berjudul “Let Me Hear” yang dinyanyikan oleh Fear dan Loathing in Vegas.Secara keseluruhan lagu pembuka anime ini cukup luar biasa karena hampir keseluruhanya menggunakan bahasa inggris.Namun sayangnya,seperti yang kita ketahui bersama kalp oranh jepang itu bahasa inggrisnya agak gimana gitu,??..jadi kalian mungkin gak bakal sadar kalo openingnya sendiri bahasa inggris.

Lagu pembuka untuk anime ini menurut gue memiliki lirik yang secara keseluruhan menggambarkan animenya.Seperti yang gue bilang ada tema berat mengenai posisi manusia dan parasite di bumi itu sendiri.Disisi lain,lagu penutup untuk anime ini berjudul “Its the right time” yang dinyanyikan oleh Daichi Miura.Meskipun judulnya inggris tapi liriknya jepang semua ??.

Hal yang cukup menarik adalah kalo kalian mencermati liriknya kalian bakal merasa pada posisi dimana Shinichi berada.Kita bisa merasakan beban berat dan kesedihan yang dialami oleh Shinichi.melalui lagu penutup ini.Overall baik lagu pembuka dan penutupnya cukup keren.

4.Final Thought dan Rekomendasi

 Secara keseluruhan anime ini berhasil membawa tema cerita yang boleh dibilang usang dan mainstream pada level yang lebih baik.Anime ini berhasil membawakan cerita yang menarik meskipun tema ceritanya sendiri biasa aja.Kompleksitas cerita digabung dengan adegan adegan kejam yang cukup realistis membuat anime ini memiliki banyak penggemar.

Secara keluruhan gue bakal ngerekomendasiin anime ini untuk kalian yang umurnya diatas 15 tahun.Hal ini karena memang adegan gore dan kejam yang ada menurut gue terlalu kejam untuk anak kecil.Namun overall anime ini keren dan kalian wajib nonton


No comments: