Monday, January 2, 2017

Review No 137 : Taboo Tattoo (Good Start,.Bad Ending)

Seorang tokoh utama yang secara tidak sengaja menemukan kekuatan super dan memakainya untuk memerangi kejahatan adalah background story dari Hero yang paling umum.Taboo Tattoo menggunakan prolog yang demikian,lalu sanggupkah ia unggul dengan backstory macam itu?Inilah Review Taboo Tattoo oleh Anime Ministry,selamat membaca.

1.Background Information dan Sinopsis

Taboo Tattoo bisa dikatakan merupakan anime yang relative baru ketika review ini ditulis.Rilis perdana pada tanggal 5 Juli 2016 hingga 20 September 2016,membuat anime ini belum genap setahun ketika tulisan ini dibuat.

 Taboo Tattoo sendiri merupakan sebuah anime musiman yang merupakan bagian dari anime summer 2016.Jumlah episodenya sendiri gak banyak,cuma 12 episode saja.Animenya sendiri diadaptasi oleh studio J.C Staff dari sebuah manga berjudul yang sama karya Shinjirou.

Ceritanya sendiri dimulai dengan sang tokoh utama yang bernama Akatsuka Justice (okee.namanya emang justice wkwk).Suatu hari ia menolong seorang om2 yang lagi dipukuli berandalan.Ternyata om2 yang ditolongin itu bukanlah om2 biasa melainkan seorang ilmuan yang sedang meneliti sebuah tato yang unik.


Sebagai rasa terimakasihnya,ia memberikan tato terakhir yang ia punya kepada Justice.Tentu saja tato yang diberikan bukanlah tato biasa,melainkan sebuah tato yang dapat mengeluarkan kekuatan super yang amat sangat dahsyat.

Awalnya Justice sendiri tidak mengetahui bagaimana cara menggunakan kekuatan tato tersebut hingga ia bertemu dengan Fluesy Bluesy seorang cewek yang merupakan tentara Amerika.Pada akhirnya Fluesy Bluesylah yang mengungkapkan rahasia besar tentang tato yang dimiliki oleh Justice itu.Penasaran?saksikan animenya disini.

2.First Impression

Meskipun cerita ini memiliki awal cerita yang menurut gw sedikit mainstream,namun awal cerita ini cukup solid sehingga membuat audience tertarik untuk mencoba menonton kelanjutan ceritanya.Konsep tattoo sebagai sumber kekuatan juga menurut gw sedikit unik dibandingkan kekuatan super lainnya.

3.Reviews
·      
         Theme and Story (8)

Oke,kalo boleh jujur sebenernya gue lumayan tertarik dengan konsep yang dibawakan oleh cerita ini.Sebuah tato yang dapat mengeluarkan kekuatan super adalah konsep yang gak biasa.Meskipun demikian,konsep ini harus gue bilang tidak terlalu original.


Konsep cerita dimana sebuah symbol dapat mengeluarkan kekuatan tertentu sebenarnya udah ada dari jaman anime beyblade (bit beast) hingga yugi oh yang pertama.Hal yang lebih mengejutkan lagi adalah ketika gue menelusuri rekam jejak dari mangaka cerita ini yaitu Shinjirou.

Shinjirou sendiri memang terbilang masih baru dalam urusan membuat manga secara utuh.Namun,kalo kalian menilik manga Fate/Zero,maka kalian akan mendapati bahwa orang ini juga yang menjadi illustrator untuk manga Fate/Zero.

Naah,mulai paham apa maksud gue?Yuup bener banget,gue curiga kalo konsep tattoo yang ia bawa sebenernya merupakan konsep contekan dari anime fate/Zero,dimana tattoo yang digunakan untuk mengikat para servant merupakan sebuah tattoo khusus.

·        Character Development (7)

Anime ini sebenernya memiliki pengembangan karakter yang bagus hanya saja eksekusi ceritanya sendiri membuat pengembangan karakter yang udah bagus itu menjadi sia-sia.Kesalahan utama dari pengembangan karakter dari cerita ini adalah masalah timing.


Anime ini dimulai dengan sang karakter utama yang dilempar ke sebuah “dunia” pertarungan para penggguna tato super.Karakter ini memulainya seperti karakter lainnya dalam sebuah cerita :” weak an hopeless” wwkwk :P.

Seiring berjalannya waktu ia menjadi semakin kuat dan bijaksana.Ia juga menjadi lebih mampu menahan diri,terutama setelah insiden yang menimpa dirinya.So far so good right?nope.Hal ini karena meskipun pengembangan karakter sang tokoh utama gak bermasalah,namun tokoh antagonisnya sendiri yang bermasalah.

Tokoh antagonis di cerita ini ngingetin gue sama Asakura Haoh cuma versinya cewek :P.Tokoh antagonisnya sendiri berbuat begitu kejem sama orang lain,namun pada dasarnya ia sendiri memiliki niat paling murni diantara yang lain (aneh kan..mirip Asakura Hao emang).

Karakter antagonis yang sedikit nyeleneh ini juga memiliki berbagai sifat yang menurut gue cukup random seperti bertingkah seolah gak terjadi apa-apa padahal ia baru ngebunuh temen-temen si tokoh utama atau ia bikin lawakan dan ngerjain si tokoh utama seolah-olah mereka teman akrab dll.

·        Story Development (6)

Cerita awal anime ini dimulai dengan start yang menarik dan cerita yang solid.Namun kemudian pace dari anime ini semakin lama semakin cepat.Banyak sekali detail yang menurut gue terlewatkan dari anime ini seperti tentang nature dari tato super itu sendiri.


Disatu sisi kita mengetahui tentang adanya tato super yang ada di anime ini.Kita juga memahami bagaimana terjadi perebutan untuk menguasai kekuatan ini.Namun ada satu hal penting yang menurut gue terlupakan,yakni apa sebenarnya Tato super itu sendiri.

Karena tempo cerita yang terlalu cepat membuat banyak hal menarik yang tidak terungkap dengan baik seperti background story dari bluesy yang nampak hanya ditampilan sepintas doang.Secara keseluruhan anime ini sebenarnya memiliki potensi cerita namun tidak berkembang dengan baik.

Namun dari semua itu,sebenarnya part terburuk dari anime ini sendiri adalah endingnnya.Ending anime ini sendiri menurut gue bikin kesel.Hal ini karena,pertama gak ada kesimpulan dan konklusi yang jelas dari endingnya.Kedua,ketika ending cerita dan battlenya tanpa konklusi,gue akhirnya mempertanyakan apa sebenernya tujuan mereka sendiri berkelahi mati matian kaya gitu.

·        Animation (7.5)

Kualitas animasi dari anime ini sebenarnya cukup bagus menurut gue (terlebih mengingat anime ini buatan studio J.C Staff).Meskipun demikian,ketika para tokoh di anime ini mengeluarkan berbagai macam efek2 yang macem-macem entah kenapa gue gak terlalu greget ngliatnya.Hal ini beda ketika gue nonton animation dari anime macam fate/zero yang entah kenapa epic.


Hal ini mungkin karena emang tokoh utamanya sendiri yang menurut gue payah hingga detik terakhir.Tokoh utama yang awalnya digadang-gadang sebagai remaja terkuat ini,sampai akhir tidak menunjukan taringnya sama sekali,hal ini yang membuat semua efek jurus yang muncul menjadi useless.

Kalo boleh jujur pertarungan para karakter tambahannya sendiri justru lebih epic dibandingkan dengan pertarungan yang dilakoni oleh sang tokoh utama.Karakter tokoh utama cerita ini sendiri justru lebih seperti beban ketimbang hero yang biasa kita lihat sehari-hari.

·        Song (7)

Lagu yang ada di anime ini ada 2 yaitu Belief yang dinyanyikan sama May’n untuk openingnya dan EGOISTIC EMOTION yang dinyanyikan oleh TRIGGER.Kalo boleh jujur,openingnya jauh lebih bagus dibandingkan endingnya.


Opening anime ini mampu menggambarkan cerita anime ini dengan baik.Disisi lain,ia juga mampu memberikan kesan shonen yang kental pada anime ini.Dengan musik dengan tempo yang cepat,membuat kita bersemangat untuk nontonnya,meskipun yaah agak kurang catchy sehingga agak susah diingat.

4.Final Thought dan Rekomendasi


Anime ini sebenarnya memiliki potensi dari segi konsepnya.Namun sayangnya timing yang kurang pas ditambah dengan ceritanya sendiri yang kurang berkembang menutupi semua potensi yang ada didalamnya.Overall gw sendiri gak terlalu recommend anime ini kecuali kalo lagi bener2 bosen.Skor gue untuk anime ini adalah…7.1 dari 10,just decent.

No comments: