Saturday, November 12, 2016

Review No 120 : Bakuon !! (Bukan Anime Sport lho Yaah..)

Anime yang bertema balapan mobil dulu pernah sangat legendaris yaitu Speed Racer (dikenal juga dikenal sebagai Mach Go Go Go).Setelah itu tidak lagi ada banyak anime bertema balapan mobil apalagi tentang motor.Nah,Bakuon nampaknnya ingin muncul sebagai sesuatu yang baru.Namun apakah anime ini akan sebagus itu? Inilah review anime Bakuon !!


1.Background Information dan Sinopsis



TMS Entertaiment tahun 2016 ini mengeluarkan sebuah anime Komedi berjudul Bakuon.Jujur sebenarnya gue agak kaget ketika TMS Entertaiment mengeluarkan anime ini.Hal ini karena Studio anime ini sebenarnya lebih terkenal dengan anime bergenre Shoujo atau Shounen macam Detective Conan atau D Grayman.


Bakuon sendiri pertama kali dirilis pada tanggal 5 April 2016 hingga 21 Juni 2016.Sebagai bagian dari anime Spring 2016 Bakuon sendiri harus bersaing dengan cukup banyak anime keren macam Boku no Hero Academia,Re : Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu,hingga Twin Star Omnyouji.


Cerita anime ini sendiri dimulai dengan premise yang cukup absurd.Awal cerita ini dimulai ketika Sakura Hane yang berangkat sekolah merasa kepayahan karena jalan disekolahnya cukup menanjak.Disaat itu ia melihat Amano Onsa yang mengendarai Yamaha SEROW225W (Mirip sama Kawasaki KLX 250)

Bakuon Full Member..


Melihat hal itu Sakura membayangkan betapa menyenangkanya jika ia bisa berangkat sekolah dengan naik sepeda motor.Disaat itu Amano yang melihat ketertarikan Sakura pada motor akhirnya mengajaknya untuk ikut bergabung dalam klub sepeda motor disekolahnya (gue baru tau ada klub macam ini).

 
Di klub itu mereka bertemu dengan Kawasaki Raimu,satu-satunya anggota klub ini sekaligus pengendara Kawasaki Ninja ZX-10 R (Ninja 1000 cc Cuuy).Raimu juga sempat mengajak Sakura jalan-jalan naik ninjannya.Disinilah Sakura merasa benar-benar jatuh cinta dengan sepeda motor.

 
Nope Raimu..ZX10R itu beratnya cuma sekitar 200kg..gak nyampe 240 cuy..
Pada akhirnya,Sakura memutuskan untuk ikut ujian SIM dan membeli sepeda motornya yaitu Honda CB400 Superfour warna Pink (gue serius warnanya pink).Selain mereka bertiga ada juga anggota baru lainnya yaitu Rin,pengguna sekaligus Maniak Suzuki Katana 400cc.Bagaimanakah kelanjutan kisah para gadis ini dan sepeda motornya?Saksikan kisahnya disini.


2.First Impression


Secara keseluruhan pertama kali gue lihat anime ini,gue ngerasa kayak lihat Hulk tapi mukanya Hatsune Miku.Well,aneh kaan..yah gitu deh ketika sepeda motor sport yang biasa identik dengan maskulinitas tiba-tiba dipakai oleh para gadis itu rasanya agak gimana gituu hehehe.


3.Reviews


Oke,kita mulai dari ide ceritanya.Ide cerita di anime ini sebenarnya berusaha untuk original,lucu dan beda.Sayangnya,ketika gue lihat anime justru perasaan anehlah yang muncul.Bagaimanakah tidak,ketika gue lihat para gadis bermuka imut-imut itu naik motor sport gede,gue sebagai seorang rider sendiri jujur gak terima.

Pink CB400..My Nightmare Come True..damn..


Oke,alasan pertama CB400 sendiri adalah motor cc gede yang garang.Ketika gue lihat ada seorang cewek macam Sakura naik motor ini jujur hati gue tercabik-cabik.Mungkin rider lainnya ngerasain hal yang sama.Alasan lain adalah bagaimana motor sport yang ada di anime ini tidak hanya ber cc gede namun juga iconic.


Motor macam CB400 adalah motor yang bandel dan tangguh.Disisi lain ada juga Kawasaki ZX10R yang juga motor impian gue.Namun yang paling bikin gue gak terima adalah Amano yang ngendarain Yamaha SEROW225W.Motor ini bukan buat pemula,dan ketika gue lihat para anak2 cewek ini main-main dengan masterpiece iconic ini jujur gue hanya bisa ngelus dada.

Klasik Suzuki GSXR 400..Tahun 96 kayaknya..damn..jangan buat main2 dong..


Sebenarnya kalo mereka main-main dengan moped atau yamaha PCX,okelah karena di Indonesia sendiri motor-motor semacam ini banyak dipakai oleh ibu-ibu.Namun ketika mereka menggunakan motor-motor sport keren diatas cuma buat jalan-jalan rasanya sayang banget.


Oya guys,genre anime ini adalah Komedi yah bukan sport.Jadii,jangan harepin kalian bakal nemuin sesuatu tentang balapan motor atau sejenisnya disini.Memang sih pas festival sekolah mereka ngelakuin balapan,tapi yaah gitu..Cuma buat lawak aja guys.

 
Kalo cuma Honda Super Cub atau PCX sih oke2 aja..tapi gak motor sport juga kalee
Plot di anime ini sendiri hampir bisa dibilang gak ada.Mereka cuma sekumpulan bocah yang tiba-tiba tetarik dengan motorsport gede,bikin klub dan kerjaannya Cuma jalan-jalan.Basically they doing nothing guys.Jadi kalian gak bakal nemu keseruan balapan macam Yowamushi pedal.


Oya,.ngomong-ngomong soal Yowamushi pedal,.di beberapa episode pertama mereka kayak bikin parodi gitu tentang Yowamushi pedal.Jujur,gue harus ketawa atau kesel karena Yowamushi Pedal adalah salah satu anime favorit gue.Nyebelinnya mereka ngeparodiin Kapten Kinjou lagi..padahal dia kan keren guys.


Ada iklan Suzuki Hayabusa juga..damn..man..kenapa??
Hal lain yang ngasih gue nilai minus adalah iklan.Kalian tau apa yang paling gue sebel dari sebuah anime?Yuup ketika mereka jadi brand ambassador sebuah product.Jujur,hal ini menurut gue nyakitin hati fans anime itu sendiri.Kalo kalian mau promosiin produk,lakuin diluar anime jangan di dalamnya.


Hal semacam inilah yang cukup gue sayangkan bahkan untuk anime sekelas Tiger and Bunny didalamnya ada iklan hp sama pepsi (Ya ampuun).Sangat disayangkan bukan?ketika kita nonton mengharapkan ada cerita yang menarik tiba-tiba didalamnya ada iklan (mirip sinetron pangeran..uhuk..uhuk..).

Suzuki GSX400 Katana kalo gak salah..barang ini gak masuk Indo soalnya..pengen punya gue..

 Character di anime ini sebenarnya cukup unik.Kita melihat ada tokoh Raimu Senpai yang entah kenapa gak mau lulus dari SMA itu (jujur awalnya gue mikir dia itu hantu lho..wkwkw),ada Sakura yang ngingetin gue sama Run dari anime A Channel,ada Amano yang ahli mesin hingga Rin si maniak Suzuki.


Komedi di anime ini ada beberapa yang lucu,ada juga yang garing.Beberapa yang lucu seperti ketika di Pantat Rin ada bekas emblem Suzuki (gue seriusan ngakak..) hingga ketika Amano ketularan sindrom Suzukinya si Rin..(ini juga lucu banget).


Selebihnya mungkin tokoh yang keren selain mereka berempat adalah adanya tuhan yang naik Suzuki intruder (kenapa gak Honda Shadow Ace aja yah wkwkw).Koplaknya lagi tokoh tuhan ini kehabisan bensin pas lagi naik motornya di jalan tol (kenapa gak disulap aja yah biar tanknya selalu penuh wkwkw).


Opening song di anime ini menarik.Sejujurnya gue suka sama opening anime ini yang cukup ngegambarin isi animenya.Kualitas grafisnya sendiri juga lumayan meskipun gak bisa dibilang wow juga sih.


4.Final Thought dan Rekomendasi


Well,sebagai seorang biker cowok sejujurnya gue gak begitu sreg dengan ide mereka naik motor sport.Gue pikir kalo mereka naik bangsa moped atau bebek mungkin hal ini masih bisa gue terima.Hal yang menarik dari anime ini sendiri hanyalah komedinya,selebihnya standar.

Kalo kalian lagi bosen atau penasaran kalian boleh kok nonton anime ini tapi gue gak recomend lho yah..Overall skor gue untuk anime ini adalah 6.8 dari 10..it’s not really that good bro..sorry.


No comments: