Tuesday, November 8, 2016

Review No 115 : Black Rock Shooter (Cerita Galaunya Anak SMP)

Konflik batin diantara para gadis-gadis nampaknya mempengaruhi dunia lain.Sebuah dunia dimana para alter ego gadis-gadis ini bertarung untuk melindungi perasaanya masing-masing.

Tidak disangka,terkadang pertarungan mereka akan mengubah dunia nyata.Inilah Review tentang sebuah anime berjudul Black Rock Shooter.


1.Background Information dan Sinopsis

Black Rock Shooter merupakan sebuah anime garapan studio Ordet yang bekerja sama dengan studio SANZIGEN.Tidak banyak anime yang diketahui dari studio ini selain mungkin Black Rock Shooter dan Wake Up Girls.

Black Rock Shooter sendiri pertama kali mengudara pada tanggal 3 Februari 2012 hingga 23 Maret 2012 dengan total episode sebanyak 8 buah.Jumlah episode ini termasuk sangat singkat untuk ukuran anime musiman yang biasanya berkisah antara 10-13 buah.

Kuroi Mato dan Yomi..semua berawal dari sini...
Anime ini sendiri berkisah tentang seorang gadis SMP bernama Kuroi Mato yang secara tidak sengaja berteman dengan salah seorang teman sekelas mereka yang pendiam,Takanashi Yomi.Meskipun Mato sangat ingin berteman dengan Yomi namun perjalanan pertemanan mereka tidaklah mulus.

Pertemanan keduanya ini nampaknya menimbulkan kecemburuan dari teman masa kecil Yomi yang bernama Kagari.Meskipun awalnya perselisihan antara Kagari dan Mato hanya bersifat Verbal Abuse,namun lama kelamaan Mato menjadi depresi karenanya.

Alter Ego dari masing-masing character...Black Rock Shooter,Strength,Chariot dll
Disaat yang bersamaan,di dunia lain terjadi pertarungan antara alter ego yang dimiliki oleh Mato yaitu Black Rock Shooter dan Alter Ego dari Kagari yaitu Chariot.Pertarungan antar ego ini nampak seperti sebuah perlindungan diri dari masing-masing pihak agar tidak tenggelam dalam kesedihan.Lalu bagaimanakah kelanjutan kisah mereka?Streaming animenya Disini.

2.First Impression

Sejujurnya,ketika menonton anime ini gue selalu keingetan sama Chuunibyo,sebuah anime yang berkisah tentang para penderita sindrom kelas 2 SMP.Mengingat kedua anime ini sama-sama memiliki latar anak SMP maka perkiraan gue mungkin gak terlalu meleset.

3.Reviews

Sejujurnya,mereview Black Rock Shooter setelah menonton Chuunibyo gue gak bisa melepaskan diri untuk tidak melakukan perbandingan antara kedua anime ini.Meskipun titik berat cerita kedua anime ini berbeda namun mereka memiliki konsep yang hampir sama yaitu pelarian ke dunia lain.

Pertarungan diantara mereka untuk mempertahankan hati para masternya..
Sejujurnya,ketika kita atau kalian sedang mengalami depresi yang berat selalu ada pikiran untuk melarikan diri dari kenyataan.Awalnya mungkin keinginan untuk melarikan diri ini hanya terbatas pada lamunan hingga sampai pada titik dimana kita membuat dunia imajiner kita sendiri.

Kesemuanya itu sebenarnya adalah bentuk pertahanan diri untuk menjaga agar beban kehidupan yang terlalu berat itu tidak membuat kita jadi gila.Well,terkadang pertahanan diri seseorang itu ada yang kuat dan ada yang lemah.Bagi yang lemah,maka mereka benar-benar menjadi gila.

Keseluruhan Alter Ego Di Black Rock Shooter...
Konsep anime Black Rock Shooter itu sama seperti ilustrasi gue diatas.Sebuah anime yang sebenarnya bercerita tentang bagaimana kelabilan emosi para anak-anak SMP yang masih labil dipadu dengan genre fantasy.

Sayangnya,pesan yang awalnya tersaji dengan manis itu berubah menjadi gak masuk akal ketika dunia fantasy yang seharusnya hanya berada dalam pikiran para gadis itu menjadi sebuah kenyataan.Tidak hanya dimensi ciptaan mereka ini,nyata namun juga ia mempengaruhi alter ego mereka.

Sejujurnya anime ini ingin memberikan kita sebuah pesan bahwa terkadang membuat hubungan dengan orang lain atau berteman dengan orang lain itu sama dengan pertarungan perasaan.Dimana kita harus saling mengerti atau bahkan membenturkan idealisme kita pada teman kita.

Desainnya mirip sama Ao No Exorcist gak sih..?gue rasain kok mirip yaah..
Disisi lain,tindakan untuk melarikan diri ke dunia lain sebagai bentuk pertahanan diri adalah hal yang wajar.Namun,pada akhirnya kita tidak bisa selamanya melarikan diri.Ada kalanya kita harus berani menatap kenyataan didepan kita.

Character development di anime ini sendiri sebenarnya cukup keren dan mendalam.Namun jujur,storyline di anime ini sangat membingungkan.Di anime ini muncul banyak sekali masalah yang timbul karena hubungan pertemanan mereka.Namun,bukanya diselesaikan secara runtut masalah ini memiliki penyelesaian yang melompat-lompat dan terkesan tidak selesai.

Bentuk penyelesaian konflik semacam ini membuat gue agak terganggu karena jujur gue gak ngeh kenapa si tokoh utama harus menyelesaikan masalah dengan tokoh x jika masalahnya dengan tokoh z sendiri belum selesai?entahlah..Hal yang paling bikin gue bingung sebenarnya apa sih masalah mereka dan kenapa hal tersebut menjadi penting?

Grafis anime ini untuk ukuran tahun 2012 termasuk superb.Banyak pertarungan-pertarungan yang cukup keren.Meskipun terkadang hal ini akan membingungkan para audience karena antara kehidupan nyata dan Fantasy begitu tipis sekali di dunia ini.

Opening dan Ending song di anime ini memiliki lagu yang menurut gue asyik didenger terutama gue suka banget sama opening anime ini.Secara keseluruhan baik visual dan sound di anime ini bisa gue katakan diatas rata-rata.

4.Final Thought dan Rekomendasi

Anime ini memiliki konsep yang menarik namun eksekusi ceritanya sendiri agak kurang terutama pada storylinenya.Banyak hal yang menurut gue absurd dan membingungkan bagi penonton.Meskipun demikian,anime ini memiliki soundtrack dan grafis yang super keren.


Kalo kalian penasaran atau tertarik dengan anime kayak Chuunibyo,gue saranin nonton anime ini.Dengan menonton anime ini mungkin kalian bakal dapat gambaran kenapa anak SMP sekarang pada labil wkwk.Overall skor gue untuk anime ini adalah 7.7 dari 10..Pretty good.. 

No comments: