Tuesday, November 15, 2016

Review No 122 : Black Lagoon Second Barrage (Second Season)

Setelah menyaksikan seberapa brutalnya anime black lagoon di season 1 kemarin tentu kalian akan penasaran tentang betapa kerennya season kedua dari anime ini bukan?

Oke,.oke,gue ngerti,maka dari itu gue bawain review hari ini.Bagi yang belum sempet baca review season 1nya bisa dibaca disini.

1.Background Information dan Sinopsis

Setelah sukses dengan season pertama Black Lagoon,studio Madhouse kembali menelurkan season kedua dari anime ini (seet dah menelurkan,..berasa ayam >.<).Season kedua anime ini masih menggunakan format 12 episode (yang mana menurut gue kurang banget).

Entah kenapa jarak yang hanya 3 bulan dari season pertamanya membuat gue berpikir bahwa anime ini memang telah dipersiapkan untuk menjadi 24 episode (total dengan season pertama).Meskipun demikian,hal ini tidak mengejutkan melihat kualitas ceritanya di season 1 kemarin.

In The Name of God..I will punish these heretic..Ameeen..
 Ngomong-ngomong soal cerita,anime ini masih menceritakan tentang kehidupan Rock.Kini ia telah secara resmi telah bergabung dengan organisasi criminal Black Lagoon.Meskipun disebut criminal,namun kita bisa melihat bahwa hati Rock sendiri masih bimbang dengan keputusannya.

Nampaknya ia masih terjebak antara kehidupan normalnya sebagai seorang karyawan dan kenyataan didepan matanya bahwa ia sekarang hidup sebagai seorang criminal.Hal ini membuatnya berada sebuah persimpangan jalan antara harus kembali atau terus melangkah.
Pembunuh Kecil yang dijuluki Vampire...
 Dilain pihak,pekerjaannya bersama dengan mafia rusia “Hotel Moscow” membawanya kembali ke Jepang.Negara yang ia tinggalkan untuk mencari sebuah kebebasan.Lalu bagaimanakah Rock menghadapi semua ini?akankah ia memutuskan untuk tinggal di Jepang atau kembali bersama Black Lagoon?Saksikan kisahnya disini.

2.First Impression

Well,season kedua ini memiliki setidaknya 3 mini arc.Ada mini arc tentang para bocah pembunuh,misi dari triad hingga kembali ke jepang.Arc yang menceritakan tentang tugasnya di Jepang menurut gue adalah Arc terbaik dari season kedua ini.

3.Reviews

Dibandingkan season pertama,sejujurnya gue harus bilang season kedua ini memiliki beberapa kekurangan.Pertama,mini arc tentang para bocah pembunuh menurut gue agak absurd.Kita bisa menerka bahwa dari umur mereka yang setidaknya kurang dari 14 tahun,mereka telah sangat mahir membunuh.Nampak sangat absurd bukan?yah,..itu juga yang gue rasain.

Meskipun kondisi mereka begitu menderita namun menurut gue hal ini sedikit diluar nalar.Kedua,ide tentang bocah pembunuh atau psikopat nampaknya telah sedikit usang dan terlalu banyak digunakan.Ide semacam ini kita bisa lihat ada di anime macam BT x,Kuroshitsuji,Tokyo Ghoul,Shakugan no Shana dll.

Kenapa bajunya gothic?gue juga penasaran kenapa wkwk..
 Meskipun demikian,cerita anime ini tertolong karena menggunakan format Mini Arc.Ada beberapa cerita lainnya yang menurut gue masih cukup fresh seperti misal kisah tentang seorang mantan aktivis hingga tentu saja perseteruan antara Hotel Moscow dengan Yakuza Jepang.

Dari sisi character development menurut gue season kedua ini sangat berfokus pada tokoh Rock sendiri.Di season ini kita akan melihat bagaimana kepribadian rock yang plin plan terlihat dengan sangat jelas.Kenapa gue bilang plin-plan?karena memang menurut gue begitulah karakter Rock.

Pyuuuh...mana yang asli coba....memang dollar selalu menggoda..
 Rock seperti yang kita ketahui di season pertama adalah seorang karyawan perusahaan yang muak dengan berbagai system yang mengekangnya.Oleh karena itu ia akhirnya memilih untuk meninggalkan perusahaanya dan bergabung bersama dengan mantan penculiknya Black Lagoon.

Namun setelah sekian lama bergabung dengan Black Lagoon,gue ngerasa bahwa tokoh ini terlalu out of place.Ia boleh bisa dibilang seorang bule ditengah-tengah ratusan negro.Yuup,bener-bener gak cocok,kalo istilah inggrisnya orang ini Goody two Shoes,.aka gak punya pendirian.

Mr Chang..entah kenapa gue selalu keingetan sama Kasper Hekmatyar kalo liat orang ini..
Sebagai seorang penjahat di Black Lagoon,ia gak punya keberanian untuk memegang senjata.Ia juga menolak membunuh dan seringkali mengucapkan kata-kata normative tentang kebajikan.Menurut gue orang semacam ini tidak punya tekad untuk menjadi penjahat.

Disisi lain ia juga tidak punya tekad untuk menjadi orang baik.Tokoh macam ini menurut gue bener-bener nyebelin.ibaratkan cahaya dan kegelapan,maka satu kakinya berada di cahaya sementara kaki yang lain berada di kegelapan.Namun si tokoh ini tidak ingin benar-benar berada di dalam cahaya atau kegelapan secara menyeluruh.

Season kedua ini juga memberikan spot lebih pada masa lalu Ms Balalaika.Meskipun demikian jujur gue gak tertarik.Hal ini karena masa lalu Balalaika sendiri sangat mudah ditebak yaitu prajurit yang terbuang.Kita melihat bagaimana para prajurit yang tidak lagi mendapatkan tempat berubah menjadi penjahat.

Epic Battle Ending...cepetan nonton biar gak nyesel..wkwkw
Kita mengenal Hercules,mantan tentara pembebasan Tim Tim yang kini menjadi preman atau di Amerika kita mengenal geng motor Hell’s Angel yang awalnya mantan tentara Amerika yang ditugaskan ke Vietnam dan kalah dengan memalukan.Kini mereka berevolusi menjadi geng motor yang lekat dengan kejahatan.

Hal yang menarik dan menurut gue kurang di eksplor justru adalah Mr Chang.Pertama,menarik untuk melihat kenapa faksi dari mafia china Triad ini bisa begitu “akur” dengan mafia rusia Hotel Moscow.Disisi lain,sosok Mr Chang sendiri terbilang sangat misterius dan ngingetin gue sama Kasper Hematyar dari anime Jormungand.

Grafis anime ini seperti seperti season kemarin,.Jadul :P.Meskipun jadul namun grafis anime ini mampu untuk memberikan suasana yang tepat bagi anime ini yang memang kesannya gelap dan sadis.Jadi menempatkan grafis semacam ini menurut gue justru jadi pas.

4.Final Thought dan Rekomendasi

Anime ini masih keren seperti dengan season pertamanya.Hal yang menurut gue sedikit mengurangi nilai dari anime ini mungkin adalah fakta bahwa ia menggunakan tipikal karakter bocah pembunuh.

Namun secara keseluruhan anime ini masih sangat luar biasa.Gue saranin kalian nonton anime ini sebelum nyesel.Overall Skor gue untuk anime ini adalah 8.8 dari 10..gak sekeren season pertama,but still excellent job.

No comments: