Friday, September 23, 2016

Review No 56 : Kekkaishi (Sedikit bernostalgia..)



Sedikit bernostalgia dengan beberapa anime yang mungkin sudah cukup familiar.Sebuah anime yang bercerita tentang para pemburu Ayakashi yang menjaga tanah Karasumori.Inilah review tentang sebuah  anime legendaris bernama Kekkaishi.

1.Sekilas Tentang Anime ini

Kekkaishi sendiri adalah sebuah anime besutan studio Sunrinse.Cukup mengejutkan bahwa Studio yang membuat anime ini sebenarnya lebih terkenal memproduksi anime bergenre Mecha/Action seperti Gundam series,Tiger and Bunny,Code Geass,Kakumeiki Valvrave hingga Accel World.


Kekkaishi sendiri memiliki jumlah episode yang cukup banyak.Setidaknya ada 52 episode untuk main story/Adaptationnya.Dengan jumlah episode sebanyak itu lucunya masih banyak misteri yang belum terpecahkan dari anime ini.

Kekkaishi adalah sebuah anime yang bercerita tentang para penerus darah Kekkaishi (mirip seperti Omnyouji) yang memiliki teknik Kekkai khusus untuk membunuh Ayakashi.Para penerus Kekkaishi ini adalah Yoshimori Sumimura (dari Klan Sumimura) dan Tokine Yukimura (dari Klan Yukimura).Kedua keluarga ini selama beratus tahun menjaga tanah Karasumori dari ancaman Ayakashi.Meskipun tugas yang diemban oleh keduanya sama namun kedua keluarga ini tidak pernah akur dan selalu bersaing.
 
Jadi inget jaman-jaman Smp dulu...
Berbeda dengan para nenek moyang mereka yang selalu bersaing Yoshimori dan Tokine nampaknya selalu akur.Meskipun sepertinya Tokine hanya menganggap Yoshimori hanya sebagai seorang adik namun Yoshimori nampaknya memendam perasaan pada Tokine.

Suatu hari Tanah Karasumori yang kini menjadi lokasi sekolah mereka mendapatkan serangan dari sebuah organisasi Yokai bernama Kokuboro.Sanggupkah Yoshimori dan Tokine mempertahankan tanah Karasumori dari ancaman para Ayakashi?Penasaran?Saksikan animenya disini.

2.First Impression

Hal pertama yang menarik perhatian adalah teknik Kekkai yang dipakai oleh Kekkaishi ini.Teknik ini menurut gue cukup menarik.Berbeda dengan lazimnya Omnyouji yang menggunakan kertas mantra atau segel gaib anime ini melalukan terobosan dengan menggunakan teknik Kekkai.

3.Kekuatan Anime ini

Sebagai sebuah anime yang bergenre Shounen kita sadar bahwa anime ini ditujukan untuk anak-anak.Jika secara demografis anime ini ditujukan untuk anak-anak maka menurut gue hal ini udah cukup pas.

Para Ayakashi berfoto ria... :P

Pertama,tidak terdapat plot yang terlalu complicated yang menyulitkan anak-anak untuk memahami ceritanya.Plot di anime ini mengalir dengan lembut,menceritakan tentang bagaimana Yoshimori berjuang tidak hanya untuk melindungi Tanah Karasumori melainkan juga Tokine.

Hal kedua yang menarik di anime ini adalah Actionya.Nampaknya untuk demografi anime Shounen Action adalah hal wajib yang harus selalu ada disana.Gue gak pernah menyalahkan hal ini.Menurut gue kombinasi Genre Action/Fantasy disini sudah tepat.

Opening song anime ini juga menarik.Jujur sudah cukup lama gue gak nonton anime ini tapi Opening songnya masih aja keingetan sampai sekarang.Bagaimana suara “Syalalala..lala..” selalu terngiang ketika mengingat anime ini.

Gue baru nyadar kalo rambutnya Yoshimori itu liar banget..
Character development di anime ini cukup baik meskipun tidak bisa dibilang wow.Hal ini tidak menjadi masalah mengingat genre ini ditujukan untuk anak-anak.Yoshimori berkembang dari seorang anak yang manja menjadi lebih dewasa dan bertanggung jawab.Peristiwa yang menimpa Tokine nampaknya membuatnya sadar dan lebih bertanggung jawab.

Karakter utama anime ini Yoshimori yang pemalas,keras kepala dll juga  meninggalkan kesan mendalam bagi para penonton.Memang karakter ini tidak “istimewa” namun setidaknya cukup menghibur.Entah kenapa gue selalu keingetan sama Okumura Rin ketika ngeliat si Yoshimori ini.

4.Kelemahan Anime ini.

Hal pertama yang menjadi kelemahan anime ini adalah Artworknya.Sejujurnya artwork tokoh utamanya sendiri di manga cukup bagus,namun ketika ia dijadikan anime bentuk mukanya sedikit aneh.

Memang sih digambarkan kalo Yoshimori itu sedikit pemalas dan agak liar.Namun hal digambarkan dengan cara yang berlebihan.Namun entah kenapa kali ini Sunrise melakukan sedikit blunder dengan membuat karakter ini terlihat terlalu liar (seriously..)

Hal lain yang cukup mengganggu adalah adaptasinya.Meskipun telah menghabiskan 52 episode di anime ini namun nampaknya belum semua hal di anime ini terungkap.Banyak hal yang masih misterius seperti alasan kenapa Tanah Karasumori memiliki energi spiritual yang tinggi hingga nature dari organisasi Urakai sendiri masih misterius.

5.Rekomendasi Gue

Anime ini ringan dan menyenangkan untuk dilihat.Anime ini juga merupakan anime untuk semua umur sehingga menontonnya bersama adik,kakak,teman atau saudara akan cukup menyenangkan.Skor gue untuk anime ini adalah 7.8 dari 10.Well it good show bro..!!

No comments: