Thursday, June 15, 2017

Review No 139 : Nourin (Gin no Saji Wannabe??)

Oke,setelah lama gak nulis review anime akhirnya gue mutusin untuk nulis lagi J.Review kali ini akan membahas sebuah anime berjudul Nourin.Bagaimana kisahnya?Yuuk kita simak reviewnya bareng-bareng.

1.Sekilas Tentang Anime Ini

Nourin adalah sebuah anime garapan studio Silver Link.Studio ini terkenal karena memproduksi anime seperti Baka to Test to Shokanju,Kokoro Connect,Watamote,Strike the blood hingga non non Biyori.Entah kenapa sedikit banyak ada kemiripan diantara anime produksi studio ini.Kemiripan ini meliputi adanya unsur komedi hingga adegan ecchi yang selalu melekat pada setiap anime garapan mereka.

 Nourin sendiri merupakan anime yang pertama kali dirilis pada tanggal 11 Januari 2014 hingga 29 Maret 2014.Jumlah episode dari anime ini terbilang cukup standard yaitu 12 buah.Hal ini menurut gue sedikit aneh mengingat lisensor dari anime ini adalah Funimation yang biasanya melisensi anime dengan jumlah episode yang cukup banyak.

Cerita anime ini sendiri berkisah tentang Kousaku Hata,seorang anak SMA pertanian yang tergila gila dengan seorang idol bernama Kusakabe Yuka.Saking gilanya ia mengoleksi hampir semua item yang terkait dengan idol pujaan hatinya ini.

Anak anak Sekolah Pertanian
Namun suatu ketika,ada berita yang mengejutkan bagi Hata.Sang idol kesayanganya tiba tiba memutuskan untuk berhenti.Awalnya Hata merasa sangat sedih dengan keputusan itu,namun suatu hal yang luar biasa terjadi.Sang Idol yang dipujanya ternyata pindah ke tempatnya bersekolah.Lalu bagaimanakah kisah mereka?Tonton deh animenya :P.

2.First Impression

Pertama kali gue nonton anime ini jujur gue langsung keingetan dengan anime Gin no Saji/Silver Spoon dan Baka to Test to Shokanju secara bersamaan.Gin no Saji dan Nourin sendiri menurut gue memiliki banyak kemiripan,mulai dari setting tempat yang berada di daerah pedesaan hingga sekolah pertanian yang menjadi pusat cerita ini terjadi.

Si Tokoh Utama,Hata
Disisi lain,dari segi penokohan,unsur ecchi hingga komedi yang suka nyrempet nyrempet kearah fanservice sangat mirip dengan Baka to Test.Gue sendiri ngerasa seolah olah Nourin adalah anime Baka to Test yang menggunakan setting Gin no saji sebagai latarnya.

3.Reviews

Theme and Story (7)

Meskipun menggabungkan antara idol,sekolah pertanian dan komedi namun sejujurnya tema dari anime ini sendiri tidaklah seheboh yang kalian pikirkan.Gabungan antara berbagai topic yang saling bertabrakan itu nampaknya kurang mampu untuk menciptakan perpaduan yang unik.Justru kesan aneh dan sedikit maksa yang timbul ketika pertama kali melihat berbagai tema  yang dicampur mirip gado gado itu.

Kalo boleh jujur,konsep anime ini seperti menggabungkan antara konsep Anime Baka to Test to Shokanju dengan menggunakan latar dari anime Gin no Saji dan sedikit memlintirnya dengan menggunakan twist Idol.

Entah kenapa semua anime selalu memiliki scene festival :P
Kemiripan Nourin dengan anime Baka to Test terlihat dari segi penokohanya.Kita lihat bagaimana tokoh utama cerita ini yaitu Hata begitu mengingatkan kita pada tokoh utama di Baka to Test yaitu Yoshii Akihisa yang bodoh dan ceroboh.Tokoh keduanya Kamatora Kei yang cool mengingatkan kita pada Sakamoto Yuuji,Kinoshita Ringo yang mirip Himeji dst.

Meskipun demikian,Ceritanya sendiri masih bisa kita toleransi.Ada banyak hal yang menarik sebenarnya dari cerita ini seperti tentang kehidupan anak anak SMA dipedesaan Jepang hingga bagaimana kehidupan anak anak sekolah pertanian yang sebelumnya tidak pernah kita bayangkan.Jujur,hal hal model gini jarang diekploitasi oleh kebanyakan anime yang seringkali menggunakan daerah perkotaan sebagai latar belakang cerita mereka.

Selain latar hal lain yang menarik dari cerita ini adalah unsur komedi yang begitu menonjol.Unsur komedi yang muncul di anime ini bervariasi dari yang normal,lucu,aneh,garing hingga yang nyrempet2 ke arah ecchi (emang genrenya ecchi juga sih :P).

Character Development (7,8)

Sejujurnya anime ini terbilang cukup berhasil untuk memperkenalkan banyak karakter unik secara bersamaan.Di anime ini kita bisa mengenal karakter seperti Minori,teman masa kecil Hata yang begitu tergila gila padanya,ada Kamatori Kei teman Hata yang keren jenius namun sedikit aneh dan masih banyak karakter lainnya yang unik unik.

Yuuuck just Yuuuck....hadeeeh
Meskipun banyak dari karakter di anime tersebut yang mampu meninggalkan impressi bagi penonton namun pengembangan karakter mereka sendiri cenderung dangkal.Pada akhirnya tokoh yang benar-benar kita kenal secara mendalam hanyalah Hata dan Minori.

Story Development (6)

Sejujurnya gue harus bilang bahwa cerita di anime ini mirip dengan rujak buah.Terlalu banyak pilihan buah yang ada namun tidak ada yang menjadi fokus utama dari ceritanya.Pada awal ceritanya kita disuguhkan dengan hubungan antara seorang idol (Yuka/Ringo) dengan penggemar beratnya (Hata),kemudian tiba-tiba fokus utamanya berubah menjadi kehidupan sekolah,persaingan antar kelas hingga hubungan asmara sang guru yang gak jelas.

Si Idol yang Imut Kusakabe Yuka aka Ringo
Jujur gue harus bilang bahwa Anime ini kehilangan fokus utamanya pada setidaknya 4 episode awal.Ketika kita menginjak episode ke 5 keatas tiba tiba fokus utama ceritanya berubah/bergeser.Hal ini cukup disayangkan mengingat ending ceritanya sendiri menjadi gak jelas (bukan gantung tapi lebih ke gak ada endingnya).

Animation (8)

Sejujurnya satu satunya hal yang gue suka dari anime ini adalah animasinya.Kualitas animasi dari anime ini cukup bagus,kita disuguhi latar pedesaan yang masih hijau dan bebas dari kesibukan perkotaan.Latar seperti ini membuat penonton menjadi merasa nyaman.

Song (7)
Percaya atau enggak yang kanan itu guru mereka lhoo
 Meskipun anime ini memiliki banyak lagu pembuka dan penutup namun sejujurnya gue sendiri ngerasa tidak terlalu tertarik dengan lagunya.Hal ini mungkin karena nada yang digunakan oleh band yang membawakan Opening dan Ending songnya boleh dibilang mainstream.

Final Thought dan Rekomendasi

Well,sejujurnya kalo kalian lagi mencari anime yang mirip dengan anime seperti Gin no Saji mungkin anime ini adalah alternative yang cukup menarik.Jadi tunggu apalagi,kalo kalian emang suka dengan anime yang backgroundya pedesaaan,buruan deeh nonton anime ini.

No comments: