Thursday, June 15, 2017

Review No 140 : Kiznaiver (Somehow,it sad..)


Setelah lama vakum,akhirnya ane untuk memutuskan untuk menulis kembali.Kali ini anime yang bakal gue bawain berjudul Kiznaiver.Apa istimewanya anime ini?Yuuk kita simak reviewnya.


1.Background Story and Information


Kiznaiver adalah sebuah anime besutan studio Trigger.Studio ini merupakan studio yang juga mengeluarkan anime yang cukup keren seperti Kill la Kill dan Little witch academia.

Anime ini rilis pertama kali pada tanggal  9 april 2016 hingga 25 Juni 2016 dengan total episode sebanyak 12 buah.Animenya sendiri berkisah tentang seorang Katsuhira Agata (bukan cornelia agata lho yah wkwk).Berbeda dengan para remaja lainnya,Agata tidak bisa merasakan apa itu rasa sakit.



Meskipun tidak bisa merasakan rasa sakit,bukan berarti ia itu sakti lho yah.Agata itu seperti kehilangan kemampuan untuk merasakan apa itu rasa sakit.Kalo dipikir-pikir dia itu lebih kayak zombie yang tidak memiliki perasaan sakit gitu.


Agata sendiri memiliki teman masa kecil Chidori yang nampaknya begitu perhatian pada Agata.Ia selalu menolong Agata ketika ada orang yang membullynya.Kalo dipikir-pikir mungkin Chidori ini sebenarnya naksir sama Agata :P.


Suatu hari Agata dan Chidori disekap oleh sebuah organisasi misterius yang nampaknya dipimpin oleh seorang gadis cantik bernama Sonozaki.Cewek misterius ini ternyata melakukan ekperimen kepada Agata,Chidori dan beberapa orang lainnya.



Eksperimen ini dinamai Kiznaiver.Sebuah eksperimen dimana rasa sakit dari subjek penelitian akan saling terhubung.Pada akhirnya Agata,Chidori dan 5 orang lainnya harus menjalani sebuah kehidupan dimana rasa sakit mereka akan terhubung.Bagaimanakah kelanjutan kisahnya?Tonton deh animenya.


2.First Impression


Sejujurnya pertama kali menonton anime ini gue agak sedikit keingetan dengan anime yang judulnya deadman wonderland.Awalnya gue berpikir ceritanya mungkin akan sedikit mirip itu,namun ternyata gue salah.Cerita anime ini bener-bener beda dan unik dibandingkan cerita lainnya.


3.Reviews


Theme and Story (8)


Sejujurnya gue suka dengan tema yang dibawakan oleh anime ini.Anime ini memiliki konsep yang menurut gue cukup matang.Kenapa gue bilang begitu?Jadi,dengan semakin modernnya dunia dewasa ini,orang-orang cenderung menjadi lebih egois.


Sifat egois masyarakat modern yang cenderung mementingkan dirinya sendiri pada akhirnya membuat munculnya berbagai permasalahan mulai dari acuh tak acuh,mau menangnya sendiri hingga tumpulnya rasa simpati yang ada dalam diri manusia.


Sejujurnya gue ngerasa bahwa dengan cerita ini,penulisnya ingin menyindir masyarakat modern yang egois tersebut.Sang penulis pada akhirnya membuat sebuah bayangan tentang dunia dimana manusia pada akhirnya harus dipaksa saling terhubung agar dapat merasakan perasaan orang lain.Cukup menarik bukan?


Character Development (8)


Pengembangan karakter di anime ini menurut gue cukup solid.Dengan menggunakan Agata sebagai titik pusatnya,anime ini mampu menceritakan bagaimana perubahan karakter Agata yang awalnya cenderung Apatis menjadi lebih manusiawi.


Meskipun demikian,anime ini juga tidak melupakan pengembangan karakter selain agata seperti Chidori,Niko,Yuuta,Hajime,Honoka dsb.Permasalahanya mungkin adalah tingkat pengembangan dari masing-masing karakter ini cenderung tidak berimbang.


Ada beberapa karakter seperti Chidori dan Honoka yang mendapatkan tempat lebih,namun karakter lain seperti Yuuta sendiri tidak mendapatkan porsi yang seharusnya.Mungkin karena jumlah episodenya yang sendikit sehingga membuat pengembangan karakternya cenderung dipaksakan.


Story Development (6)           


Sejujurnya inilah yang disayangkan dari anime Kiznaiver.Meskipun anime ini memiliki konsep yang menarik,namun eksekusi ceritanya sendiri tidak mampu membuat penontonya sendiri tergerak.Anime ini sebenarnya memang menggabungkan genre yang gak biasa yaitu Sci fi dan Drama.


Permasalahnya adalah gabungan kedua genre itu sendiri terkesan nanggung.Dari sisi Scifi kita tidak mendapatkan gambaran logis mengenai kenapa rasa sakit antar manusia tidak bisa terhubung.Alih-alih menggunakan alat seperti Microchip,cerita ini menggunakan semacam tanda luka sebagai penghubungnya.


Konsep tanda luka yang menghubungkan rasa sakit pada akhirnya membuat cerita ini menjadi membingungkan karena biasanya pendekatan semacam ini lebih banyak digunakan oleh anime bergenre Fantasy.Hal tersebut tentunya membuat kita bertanya-tanya tentang totalitas genre scifi yang dibangun.


Disisi lain,genre drama yang diusung  juga tidak mampu membuat para penontonya terbawa masuk kedalam kesedihan yang dibangun oleh ceritanya.Hal tersebut membuat pengembangan ceritanya sendiri menjadi tidak maksimal.


Permasalah lainnya adalah,konsep utama tentang hubungan persahabatan dan rasa empati sendiri tidak dieksplorasi dengan baik.Hal ini menurut gue cukup disayangkan mengingat hal inilah yang menjadi nilai tambah utama ceritanya.
 
Animation (7)


Ketika gue denger kalo anime ini bakal digarap oleh studio Trigger sejujurnya gue mengharapkan sesuatu yang unik seperti ketika kita nonton Kill la Kill.Namun sayangnya hal tersebut gak kesampean karena seletah eeh setelah nonton animenya,kualitas animasinya cenderung biasa aja.


Ketika gue ngomong biasa aja bukan berarti jelek lho yah.Cukup bagus,namun sejujurnya gak sampai gw bilang wow.Ada beberapa cerita anime yang menurut gue memiliki grafis superb macam Free!!,Grisaia Series dst.Namun untuk anime ini yaah biasa aja lah.


Song (6.5)


Sejujurnya gue harus bilang bahwa opening anime ini benar-benar tidak memberikan kesan tentang ceritanya.Opening anime ini seperti dibuat secara semboro.Namun demikian,ending song dari anime ini cenderung lebih baik (meskipun gak istimewa juga sih).Ending song anime ini cukup menolong secara keseluruhan.


4.Final Thought dan Rekomendasi (7.1)


Sejujurnya,anime ini memiliki konsep yang cukup menarik.Namun demikian konsep cerita yang seharusnya bagus itu ternyata tidak mampu dikembangkan dengan baik oleh penulisnya.

Hal ini berimbas pada ceritanya yang terkesan nanggung.Overall Skor gue untuk anime ini adalah 7,1.Sejujurnya gue gak terlalu merekomendasiin kalian nonton anime ini kecuali lagi bener-bener bosen.

No comments: